Doa Untuk Orang Sakit Dan Artinya


Doa Untuk Orang Sakit Dan Artinya

Assalamu'alaikum. Selain pergi ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan, orang yang sedang sakit sangat di anjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar segera diberi kesembuhan. Mungkin teman-teman saat sedang sakit juga sering meminta kesembuhan (berdoa: Ya Allah, sembuhkanlah penyakit hambaMu ini, amien) kurang lebih begitulah doanya.

Tapi tahukah teman? doa-doa yang lebih afdhol adalah doa dalam bahasa arab. Dan ternyata, ada doa-doa khusus bagi orang yang sedang menderita sakit. Doa ini sesuai apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya. Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwasanya :Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHADIRU SAQOMAA

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwasanya :Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali

بِسْمِ اللهِ

BISMILLAH

Artinya: Dengan menyebut nama Allah

kemudian bacalah sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)

Teman-teman, silakan hafalkan doa untuk orang sakit diatas, karena doa ini sangat berguna bagi kesehatan kita. Semoga Allah SWT selalu memberi kesehatan jasmani dan rohani, amien.

Cukup sekian dulu ya teman-teman. Semoga apa yang baru saja saya tulis di Blog Khusus Doa ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Mohon maaf ya kalo ada salah-salah kata, terutama dalam penulisan bahasa arab.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, wassalamu'alikum warahmatullahi wabarokatuh.